Jaringan WiFi Di Rumah Sering Lemot? Begini 4 Cara Mengatasinya

Reading Time: 2 minutes

Koneksi WiFi yang lambat sering kali jadi masalah serius, apalagi jika koneksi melambat disaat-saat paling dibutuhkan. Pastinya, Anda akan kesal sendiri, bukan? Melmabatnya koneksi internet bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari pengaturan router-nya hingga salah pilih provider saat cari promo WiFi 2022. Ya, cari promo wifi 2022 memang penting untuk cut pengeluaran namun perlu memperhatikan juga seberapa kuat koneksi WIFI-nya. Jangan hanya tergiur akan promos saja.

Bila penyebab utama melambatnya koneksi WiFi di rumah adalah router-nya, maka Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut agar jaringan WiFi lebih cepat.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi yang Bermasalah Pada Router

Menggunakan WiFi pasalnya lebih menguntungkan daripada paket internet di smartphone. Namun, saat koneksi melambat karena router yang bermasalah, sebaiknya lakukan beberapa cara berikut.

  1. Jangan Meletakkan Router di Dekat Barang Elektronik Lainnya

Sekilas kelihatan sepele, tapi salah meletakkan router bisa menyebabkan koneksi internet lemot. Oleh karenanya, jangan letakkan router di dekat barang elektronik lainnya, seperti televisi, telepon nirkabel, ataupun microwave. Hal ini disebabkan perangkat elektronik yang punya sinyal elektromagnetik bisa melemahkan sinyal WiFi. Jadi, pilihlah lokasi yang paling aman dan tepat untuk meletakkan router agar jaringannya tetap stabil.

  • Cek Posisi Router

Dilansir dari IDNTimes, jika jaringan WiFi lemot karena ada masalah pada router, maka coba cek posisinya terlebih dahulu. Biasanya, posisi router yang salah bisa jadi penyebab terganggunya jaringan WiFi. Agar jaringan internet stabil, sebaiknya jangan meletakkan router di dekat jendela karena sinyalnya tidak akan merata di dalam ruangan. Selain itu, hindari meletakkan router di lantai atau tempat yang rendah karena hal ini bisa membuat sinyal susah terkirim.

  • Atur Antena Router dalam Posisi Berdiri

Tips yang selanjutnya tak kalah penting, yaitu atur antena router dalam posisi berdiri atau vertikal. Posisi antena yang berdiri akan membuat sinyal terpancar secara sempurna, sehingga jaringannya tetap stabil. Tak hanya itu, antena router yang berdiri dalam posisi vertikal dapat memancarkan sinyal secara horizontal sehingga jaringan WiFi dapat menjangkau seluruh ruangan.

  • Periksa Software Router untuk Mengatasi Masalahnya

Jika ketiga cara di atas udah Anda lakukan dan jaringan internet tetap lemot, coba otak-atik software router untuk mempercepat koneksi WiFi. Namun, pastikan Anda memahami seluk beluk software-nya jika ingin mengotak-atik agar router tidak rusak.

Anda bisa membaca panduan yang terdapat di bawah router atau kemasannya jika ingin mengotak-atik software. Selain itu, Anda bisa meng-upgrade firmware router untuk meningkatkan kinerjanya. Nah, itulah empat cara mengatasi jaringan WiFi lemot karena router bermasalah. Bagi Anda yang mencari promo WiFi 2022 dengan koneksi internet cepat, Firstmedia bisa jadi pilihan yang tepat. Ada banyak paket yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan Anda, mulai dari Paket Online Paten (POP), Paket Combo Internet, hingga Unlimited.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.