Nikmati Kurusmu, dengan Diet Prinsip Smart Goal

Reading Time: 4 minutes

Gagal lagi – gagal lagi, mungkin itu adalah kata yang sering diucapkan bagi kebanyakan orang yang mencoba diet. Sangat terdengar klasik memang, namun kegagalan dalam diet sudah menjadi hal lumrah. Banyak cara dalam menyikapi kegagalan, ada yang sudah menyerah meskipun hanya gagal satu kali. Banyak juga yang tetap gigih sampai diet bisa dikatakan sukses.

Kegigihan dan niat menjadi modal utama dalam suksesnya diet, akan tetapi tanpa sebuah ilmu dan rencana yang apik bisa saja kesuksesannya akan memakan waktu, energi dan biaya lebih banyak, lebih ekstrim lagi dapat membahayakan badan kita sendiri.
Nah, disini kita akan berbagi sebuah rencana diet dengan prinsip smart yang menjadikan anda sukses tanpa resiko tinggi, anda memang akan diberatkan pada sebuah rencana, tapi tenang! lebih baik bersusah di depan daripada menangis belakangan, sepakat kan ?. Yuk simak diet terencana dengan prinsip smart goal ini :

Kalau anda tahu George T. Doran, nah dialah yang pertama kali memperkenalkan prinsip smart Goal ini. Diet dengan prinsip smart goal berarti tujuan diet tersebut akan lebih spesifik dan terukur (Specific and Measurable), dapat dicapai (Achievable), realistis dan berjangka waktu (Reward and Time limited). Hal ini akan secara otomatis lebih memotivasi daripada target diet.

S-SPECIFIC
Buatlah target diet itu secara spesifik. Tidak akan cukup dengan kata “aku mau kurus” atau “berat badanku harus turun” akan lebih baik dengan kata “berat badanku harus turun 10 kilogram”. Dengan goal yang spesifik ini otak anda akan lebih mudah membayangkannya. Perlu diingat, sesuatu yang tidak spesifik biasanya tidak terjadi. Misalnya, anda mengajak teman-teman “eh kita mesti jalan-jalan nih” “eh kapan-kapan buka puasa bareng yuk”. ternyata lebih sering tidak terjadi. kalau dibuat spesifik “kita jalan-jalan berlima ditempat X pada hari Y jam Z” maka lebih mungkin terjadi.

Lalu, dari mana anda tahu target kilogram yang ideal buat anda. Anda bisa mengeceknya dengan menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi badan. Salah satunya dengan rumus Broca.

Berikut adalah rumusnya:
Pria: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 persen].
Wanita: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen].
Atau bisa juga dengan kalkulator Body Mass Index (BMI) adalah cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan.

Sebelum mencoba kalkulator BMI, ada baiknya mengetahui beberapa keterangan mengenai perhitungan ini. Di antaranya adalah:
Angka BMI normal berada pada kisaran 18,5-25.
Jika angka BMI melebihi 25, kamu memiliki berat badan berlebih.
Sedangkan, jika angka BMI berada di bawah 18 berarti berat badanmu kurang.
Jika angka BMI sudah melebihi angka 40, sebaiknya dilakukan penanganan secepatnya karena angka ini menunjukkan tanda bahaya.
Cara menghitungnya:

Berat badan ideal = Berat badan (kilogram): Tinggi badan (meter)
yuk hitung-hitung, jangan malas menghitung ya!.

M-MEASURABLE
Untuk mengetahui sebuah progress ada baiknya target diet anda bisa diukur. Jangan katakan “saya harus rajin olahraga”, “mengurangi makan”. tapi katakan atau tulislah “saya harus lari sekian kilometer setiap minggu”, “olahraga minimal 10 menit per hari”, “minum manis maksimal satu gelas per minggu” , “kalori devisit sekian”.
Anda bisa mengetahui olahraga yang cocok dan kalori devisit anda dengan melihat intensitas aktifitas harian anda. Rata-rata pria dewasa membutuhkan sekitar 2.500 kalori sehari, sementara wanita dewasa biasanya butuh sekitar 2.000 kalori. Untuk diet sukses maka anda harus mengkonsumsi makanan di bawah kebutuhan kalori harian, istilahya kalori devisit.
Mulailah mengukur, karena sesuatu yang tidak terukur menjadikan anda susah berkembang. Sebaliknya, dengan sebuah ukuran ketika kita dapat mendekati atau melampauinya kita akan tambah semangat. Kita tahu sendiri, tantangan orang diet adalah semakin hari akan semakin kendor. Semoga ukuran ini menolongnya.

A-ACHIEVABLE
Dietlah dengan cara yang mampu anda laksanakan. Karena hanya berfikir KURUS biasanya akan melakukan hal yang diluar kemampuan. Benar, sudah membuat hal spesifik dan terukur. Bangun pagi HIIT CARDIO 1 jam setiap hari. Mungkin saja itu akan tercapai besok, pertanyaannya “apakah hal ini bisa dilaksanakan dalam 5 bulan kedepan?”.
Ketika anda memuat target diet anda terlalu tinggi, maka problem akan muncul, anda akan berfikir “wah, diet ini sia-sia dilakukan”, “percumalah diet, cuma dapet capek dan laper doang kurus kagak”, “emang ya, dasar udah keterunan gendut, gak usahlah diet-dietan”.
Jadi, yang diubah itu bukan target dietnya, putus asa. Tapi ubahlah cara mencapainya. Buat masuk akal dan tentunya mampu dilaksanakan. Fighting!

R-REWARD
Wah, dari sekian proses diet tentu ini yang paling ditunggu-tunggu. Hadiah Kurus. Eits, jangan dulu fokus pada hadiah kurusnya yaa. Anda akan merasakan lamanya hadiah yang anda dapatkan. bisa saja sebelum dapat hadiahnya keburu kendor duluan.
Ubahlah cara pandang anda! sama dengan ubah persepsi anda. Nikmati setiap proses diet itu, “hari ini olahraga, berkeringat jadi bugar”. “enaknya mengurangi asupan gula terutama pagi hari yaa, jadi anti ngantuk-ngantuk klub nih”. Itu semua adalah hadiah instan yang anda dapatkan. Bahagia bukan ?.

T-TIME LIMITED
Semunya itu ada batasan waktunya, tentunya diet juga dong. Ada Parkinson’s law. pekerjaan akan menyesuaikan waktunya. Jadi inget jaman kuliah, ketika dosen kasih deadline tugas seminggu selesailah seminggu. Panjangin dikit 2 minggu, maka tugas akan selesai 2 minggu juga. Coba bayangkan kalau nggak ada waktunya ? bisa jadi tidak akan selesai.
Namun, bukan hanya membuat deadline “diet ini harus berhasil dalam waktu 3 bulan dari sekarang” melainkan, apa yang harus dikerjakan dalam waktu 3 bulan tersebut. Buatlah plan diet harian, mingguan atau bulanan.

Perlu diketahui juga, saat anda menargetkan diet jangan berfikir anda bisa mewujudkannya dalam waktu seminggu, atau diet 14 hari. that’s impossible. Kalaupun anda berhasil, itu hanya akan merusak kesehatan anda. Jadilah cerdas sebelum anda diet. Buatlah target diet anda minimal 3 bulan. Ketika sudah berhasil anda hanya cukup menjaganya. Bahkan mungkin anda sudah nyaman dengan pola diet tersebut yang itu artinya dapat dikerjakan seumur hidup anda. Amazing!.

Itulah diet terencana dengan prinsip smart goal. Sekarang, ambilah bolpoin dan buku anda, tulislah rencana diet yang akan dilakukan dengan prinsip smart goal ini. Pastikan anda merencanakannya dengan sangat baik, dan segera praktekkan tanpa tapi. Selamat berdiet-diet ria dan nikmati hadiahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.