4 Alasan ‘Reply 1988’ Meraih Rating Tertinggi Kedua tvN Sepanjang Sejarah

Reading Time: 2 minutes

Selama pandemi, ketertarikan penonton akan drama Korea meningkat drastis. Salah satu drama yang kembali menjadi perbincangan hangat adalah Drama Korea romantisReply 1988. Drama yang tayang perdana di tahun 2015 ini masih menduduki posisi kedua dalam daftar rating tertinggi saluran tvN. Sementara untuk sepanjang sejarah televisi kabel, Reply 1988 berada di posisi keempat, setelah The World of The Married, Sky Castle, dan satu drama tvN lainnya. Bahkan tak sedikit juga yang menobatkan Reply sebagai drama Korea terbaik sepanjang masa.

Lantas, mengapa drama romantis yang dibalut dengan cerita kekeluargaan ini sangat populer? Yuk, intip penjelasan di bawah ini!

  1. Kisah persahabatan yang erat

Hal yang paling menonjol dari cerita Reply 1988 adalah kisah 5 orang sahabat yang tinggal dalam satu kompleks bernama Ssangmun-dong. Karakter masing-masing dari mereka pun berbeda-beda. Ada Deok Seon yang periang dan baik hati, Choi Taek yang tidak bisa melakukan apapun kecuali bermain Baduk, Jung Hwan yang terlihat cuek namun perhatian, Dong Ryeong si pembuat onar yang hobi buang angin, dan Sun Woo yang dianggap anak paling “normal” di antara mereka berlima serta sangat perhatian dengan ibu dan adik kecilnya, Jin Joo.

  1. Seperti cerita kehidupan nyata sehari-hari

Tak seperti drama lain yang ceritanya seakan jauh dari kehidupan nyata yang hanya bisa diangankan saja, Reply 1988 menghadirkan kisah yang erat dengan kehidupan sehari-hari. Dimulai dari kehidupan keluarga yang sederhana, kedekatan antar tetangga, hubungan antara anak dan orang tua, juga kehidupan sekolah pada umumnya. Contohnya saat adegan makan malam ketika antar tetangga bertukar lauk makanan atau cerita bagaimana Deok Seon mencurahkan perasaannya sebagai anak tengah dan hubungannya dengan kakak serta adiknya.

  1. Tidak ada karakter antagonis

Mungkin di episode-episode awal kamu akan kesal dengan kelakuan kakaknya Deok Seon, yaitu Bo Ra dan akan mengira bahwa dialah karakter antagonisnya. Namun, semua perasaan kesal itu hilang seiring dengan alur cerita yang semakin menarik. Soalnya, kamu akan melihat sisi lain Bo Ra sebagai anak pertama dan bagaimana ia berusaha kuat di depan adik-adiknya. Klimaksnya, kamu akan dibuat terharu ketika melihat hubungan Bo Ra dengan ayahnya.

  1. Kisah percintaan yang sederhana

Saat menonton Reply 1988, kamu akan dibuat menebak siapakah sosok suami di antara keempat laki-laki yang mengelilingi Deok Seon. Tenang saja, kisah percintaannya sungguh sederhana dan khas percintaan anak sekolah. Walaupun di antara keempat laki-laki tersebut ada lebih dari satu orang yang menyukai Deok Seon, itu tidak membuat persahabatan mereka berantakan. Malah, sang sutradara lebih menonjolkan persahabatan mereka sehari-hari dengan dibalut humor yang khas. Karena kisah cinta tersebut, penggemar Reply 1988 terpecah menjadi dua tim yaitu tim Taek dan tim Jung Hwan.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik melihat tingkah mereka? Yuk, langsung saja nonton Reply 1988 di aplikasi VIU! Cukup men-download aplikasinya, kamu bisa menyaksikan drama ini dengan kualitas gambar dan suaranya yang bagus, juga tersedia subtitle Indo sehingga kamu nyaman selama menonton. Selamat menyaksikan!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top