7 Prospek Kerja Yang Menjanjikan Bagi Lulusan Akuntansi

Reading Time: 2 minutes

Jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati, karena selain banyak universitas yang memiliki jurusan tersebut, jurusan akuntansi ini juga memiliki prospek yang cukup bagus. Apa saja kira-kira peluang yang bisa kamu dapatkan? Simak ulasan di bawah ini.

 1. CPA

Seorang CPA dapat bekerja di perusahaan, kantor akuntan publik atau perorangan. Tugasnya meliputi persiapan dan analisis berbagai laporan keuangan dan dokumen. Profesi ini juga harus memiliki pengetahuan yang baik tentang peraturan perpajakan, mengikuti perkembangan terbaru dalam peraturan perpajakan. Akuntan profesional memastikan pemutakhiran dokumen keuangan dan pencatatan data.

Mereka tidak menganalisis data seperti akuntan, mereka hanya memberikan data. Profesi ini juga dapat bekerja di industri yang berbeda. Pekerjaan di bidang ini juga menggunakan komputer dan teknologi. Biasanya, tidak ada kualifikasi khusus yang diperlukan untuk  diterima dalam profesi ini. Indonesia sendiri  memiliki banyak standar akuntansi yang digunakan di berbagai  organisasi dan bisnis.

2. Direktur Akuntansi

Direktur Akuntansi bertanggung jawab untuk mengelola dan mengawasi departemen akuntansi dan semua bidang pelaporan keuangan. Dia kemudian bertanggung jawab untuk memelihara prinsip-prinsip akuntansi dan mengembangkan  praktik terbaik, serta sistem untuk menganalisis, mengumpulkan, dan melaporkan informasi.  Manajer akuntansi juga harus  memiliki pemahaman yang kuat tentang berbagai prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP). Manajer akuntansi juga akan memberikan saran tentang laporan keuangan, anggaran, strategi  dan proyeksi keuangan. Dia juga bertanggung jawab untuk mengelola tim akuntansi, menyiapkan buku besar, membantu audit dan membantu manajer lintas fungsi dalam prosedur keuangan.

3. Manajer Penjualan

Manajer Penjualan (AO), tugasnya adalah memasarkan produk  perusahaan kepada  calon pelanggan yang dianggap potensial, kemudian melacak pembiayaan, disediakan untuk pelanggan yang bersangkutan untuk kemudian memenuhi kewajibannya terhadap bisnis , Penanggung Jawab Usaha juga bertanggung jawab untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan yang dipimpinnya, atau dengan orang-orang yang menangani berbagai masalah yang  dihadapi pelanggan. Secara harfiah, petugas akun adalah seseorang yang menangani berbagai tugas yang berhubungan dengan pelanggan setiap hari.

4. Analis Keuangan

Analis keuangan bertanggung jawab untuk menilai stabilitas, profitabilitas, usaha kecil atau proyek perusahaan. Analisis keuangan menyajikan  laporan berupa laporan kepada manajemen perusahaan sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan perusahaan. Berdasarkan hasil analisis ini, manajemen dapat memutuskan untuk melanjutkan atau menghentikan suatu perusahaan atau bagian dari suatu perusahaan.

Selain itu, analis keuangan memproduksi atau membeli bahan  dalam proses produksi, membeli atau menyewakan mesin produksi, menegosiasikan pinjaman bank untuk meningkatkan modal kerja perusahaan, serta Banyak keputusan lain memungkinkan manajemen untuk menggunakan dengan tepat pilihan  berbagai alternatif  dalam manajemen perusahaan. 5A Analis Keuangan juga akan meneliti investasi kinerja seperti saham, obligasi, komoditas, dan lainnya untuk memberikan saran kepada bisnis dan individu yang membuat keputusan investasi.

5. Auditor Internal 

Perusahaan di segala bidang mau tidak mau membutuhkan peran auditor internal  yang tugasnya memastikan bahwa laporan keuangan perusahaan konsisten dengan aslinya. Auditor internal juga harus memastikan bahwa seluruh anggota Direksi telah menjalankan kegiatannya secara efektif dan tidak terjadi penyimpangan. Pekerjaan auditor internal  membutuhkan tingkat kejujuran yang tinggi agar tidak terjadi penyimpangan yang tidak terkendali dalam perusahaan. Bagi kamu para lulusan baru atau berpengalaman, kamu bisa mencari beberapa posisi tersebut di atas di portal pencarian kerja dan mengerjakan beberapa tahapan online assessment dan interview dari pihak perusahaan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top