Bikin Mesin Lebih Awet, Begini Caranya Pilih Oli Mobil yang Tepat

Reading Time: 2 minutes

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar mesin mobil bisa selalu bekerja dengan normal dan umur pakainya panjang. Salah satunya adalah dengan memilih oli mesin terbaik untuk mobil.

Lalu, apa yang dimaksud dengan oli mesin terbaik, ya? Sebenarnya, jawabannya sangat sederhana: oli yang tepat sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan kendaraan Anda.

Secara garis besar, apapun jenis oli mesin mobilnya, semuanya sama-sama bekerja sebagai pelumas yang memastikan bahwa performa mesin selalu mulus. Hanya saja, masing-masing jenis oli rupanya memiliki viskositas atau kekentalan yang bervariasi, dan perbedaan viscosity ini bergantung pada kebutuhan mesin. Contohnya, jenis oli mesin diesel tentu berbeda dengan jenis oli mesin bensin.

Kalau begitu, bagaimana ya cara memilih oli mesin yang tepat? Simak tips dan penjelasannya berikut ini sebagai panduan Anda. Selamat membaca!

Oli Mesin yang Tepat

Bicara soal viscosity, tingkat kekentalan oli dinyatakan dalam nomor-nomor Society of Automotive Engineer atau SAE. Dan makin besar angka nomor SAE, artinya tingkat viscosity-nya juga lebih besar – singkatnya, oli lebih kental.

Mengapa Anda perlu memerhatikan kekentalan oli? Karena kekentalan oli mesin kendaraan sangat berpengaruh terhadap performa mesin. Pasalnya, oli yang bagus adalah oli dengan kekentalan stabil, di mana oli punya daya tahan terhadap suhu tinggi maupun suhu rendah.

Hanya saja, oli mesin mobil dengan mesin generasi terbaru cenderung membutuhkan oli yang lebih cair (SAE 10W30) dibandingkan oli untuk mobil diesel maupun mobil bertenaga besar (misalnya SAE 20W50). Jadi, sekali lagi sesuaikan dengan spesifikasi mesin kendaraan.

Pilih Oli Bersertifikasi

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah memilih oli yang bersertifikasi. Sertifikasi ini sendiri diterbitkan oleh berbagai badan atau organisasi. Contohnya ACEA, API, ILSAC, dan JASO. Terlepas dari badan yang menerbitkan sertifikasi, pada dasarnya oli yang tersertifikasi adalah oli yang sudah terjamin standar dan kualitasnya.  Jadi, Anda tak perlu khawatir soal kualitas oli tersebut.

Sesuai Rekomendasi Pabrik

Sebenarnya, memilih tipe oli yang tepat dan terbaik untuk mesin mobil Anda sangatlah mudah. Anda hanya tinggal cek buku panduan atau manual mobil Anda saja, lho! Pasalnya, di dalam buku tersebut sudah ada penjelasan mengenai spesifikasi oli yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda.

Oleh karena itu, sebenarnya memilih oli yang tepat tidak terpaku pada merek olinya saja. Justru yang perlu Anda utamakan adalah kesesuaian oli dengan spesifikasi kendaraan Anda. Dengan begitu, komponen mesin kendaraan Anda selalu terawat sebagaimana mestinya.

Itu dia panduan singkat cara memilih oli yang tepat dan berkualitas untuk kendaraan Anda. Dan tentunya pastikan bahwa Anda juga selalu merawat kendaraan dengan cermat secara rutin, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.