Harus Tahu, Begini Cara Memilih Printer Murah Terbaik

Reading Time: 3 minutes

Membeli printer bukan hanya masalah gengsi atau mengikuti tren agar kelihatan modern dan kekinian. Nyatanya, kamu memang sebaiknya memiliki perangkat ini di rumah karena printer akan memudahkan banyak kegiatanmu mulai dari mencetak laporan hingga foto dengan hasil yang tajam dan memuaskan. Itulah sebabnya, kamu perlu menyiapkan budget tersendiri supaya bisa membelinya. Tenang, tidak semua printer bikin kantongmu jebol. Ada juga kok printer murah terbaik yang walaupun terjangkau, namun performanya memukau. Biar tidak salah pilih, yuk simak cara memilih printer yang murah dan cocok dengan kebutuhanmu.

Pertimbangkan Kebutuhanmu

Jika membahas tentang printer murah terbaik, maka kamu tidak bisa melepaskan faktor kebutuhan. Pasalnya, harus diakui bahwa dengan harga terjangkau kamu tentunya tidak bisa mendapatkan semua fitur seperti halnya perangkat premium. Dengan kata lain kamu harus membuat pilihan spek dan fitur mana yang kamu butuhkan, alih-alih yang kamu inginkan.

Misalnya saja, kamu adalah pelajar yang sering diberi tugas membuat makalah atau laporan praktikum. Dengan kebutuhan ini, printer standar yang bisa mencetak teks atau gambar hitam putih dan berwarna sudah cukup memenuhinya. Beda lagi jika kamu adalah mahasiswa atau pekerja yang banyak mendigitalisasi dokumen, maka printer dengan scanner lebih cocok buat kamu. Ingat ya, semakin tinggi spek dan fitur printer tersebut harganya pasti mengikuti.

Cek Spesifikasi dan Fitur

Jangan kecil hati kalau kamu punya bujet terbatas untuk membeli printer karena printer murah terbaik juga bisa memberikan hasil cetakan yang memuaskan. Syaratnya adalah printer yang kamu pilih memiliki spesifikasi dan fitur yang jempolan. Misalnya saja jumlah cetakan yang dihasilkan dalam kurun waktu tertentu yang menjadi patokan untuk melihat seberapa lama usia pakainya. Idealnya, printer bisa mencetak hingga ratusan lembar dalam sebulan.

Selain itu, fitur tambahan seperti wireless dan LCD display bisa kamu masukkan sebagai pertimbangan. Kedua fitur tersebut terbilang mewah untuk kelas printer murah. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menemukannya karena beberapa jenis printer sudah dilengkapi dengan keduanya. Tapi, jika kamu merasa spesifikasi tersebut kurang diperlukan maka memilih yang lain adalah pilihan bijak.

Ink Jet vs. Ink Tank

Dulu, kebanyakan printer menggunakan sistem tintan inkjet dimana kamu harus menyuntikkan tinta ke dalam cartridge. Printer seperti ini memiliki kelebihan sekaligus kekurangan. Kelebihannya adalah harga printer yang jauh lebih murah sehingga cocok untuk kamu yang mencari printer murah namun berkualitas. Namun, ada juga kekurangannya yaitu ada kemungkinan kamu tidak tahu saat tinta habis dan terlambat mengisinya. Jika terlalu lama kosong maka cartridge akan kering dan akhirnya rusak. Padahal, membeli cartridge baru itu harganya tidak jauh beda dengan beli printer baru.

Di sisi lain, tren saat ini adalah penggunaan tinta infus atau ink tank. Sistem tinta ini dianggap lebih menguntungkan karena kamu bisa memantau tinta dari luar sehingga terlambat mengisi ulang yang menyebabkan kekeringan dapat dihindari. Selain itu, penggunaan tinta juga jadi lebih efisien dan hemat yang berarti biaya operasional seperti membeli tinta dapat ditekan. 

Mana yang lebih baik? Tergantung dari selera dan kebutuhanmu. Jika kamu tidak masalah dengan tipe inkjet karena disiplin melihat tinta di dalamnya maka tidak ada masalah. Namun, kalau enggan rutin memeriksanya, printer infus lebih baik.

Sesuaikan dengan Budget

Poin terakhir adalah sesuaikan dengan kondisi keuanganmu. Tidak ada artinya mengincar printer bagus dan canggih jika akhirnya hanya bikin kamu gigit jari karena tidak bisa membeli. Printer murah terbaik adalah pilihan sempurna ketika kamu punya bujet terbatas. Printer standar, misalnya, biasanya dibanderol dengan harga 700 ribu hingga 1 jutaan saja. Bahkan jika bujetmu lebih rendah kamu bisa juga membeli versi second dengan kualitas yang masih bagus.Dengan menggunakan poin-poin di atas sebagai acuan, akan lebih mudah untuk kamu menemukan printer murah terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Satu hal yang perlu dicatat, jangan tergiur dengan merek printer yang menawarkan harga tidak masuk akal. Lebih baik sedikit mahal namun dari brand terpercaya karena banyak orang sudah membuktikan performanya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top