Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan, Mana yang Prioritas?

Reading Time: 2 minutes

Mengenali perbedaan kebutuhan dan keinginan dalam kehidupan sehari-hari memang susah-susah gampang. Sebab, mungkin Anda seringkali terbalik memaknai tindakan yang Anda lakukan berdasarkan konsep butuh atau ingin. Hal ini juga berlaku saat Anda memutuskan untuk menggunakan jasa asuransi jiwa murah.

Apakah mendaftar asuransi adalah kebutuhan Anda atau hanya sekedar keinginan karena gengsi semata? Untuk mengetahui hal itu, Anda harus menilai kondisi saat ini dengan benar.

Pengertian Kebutuhan dan Keinginan

Pertama-tama, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan kebutuhan? Singkatnya, kebutuhan berdasarkan website Gramedia dan website Tanamduit merupakan suatu aspek yang manusia perlukan untuk mempertahankan keberlangsungan hidupnya, baik secara fisik, emosional, maupun sosial.

Manusia umumnya memiliki kebutuhan yang luas dan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Jenis-jenis kebutuhan manusia terbagi menjadi tiga, yaitu:

  • Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang mana meliputi segala hal yang bersifat pokok. Mulai dari kebutuhan sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (tempat tinggal).
  • Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang bersifat melengkapi kebutuhan pokok, misalnya kebutuhan akan televisi, perangkat seluler, dan lain-lain.
  • Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang sejatinya meliputi benda-benda mewah, seperti mobil, emas dan perhiasan, aset tanah, dan lain sebagainya.

Masing-masing orang memiliki ukuran atau standar sendiri dalam menilai apakah suatu kebutuhan termasuk kebutuhan primer, sekunder, atau tersier. Namun, pada intinya, kebutuhan adalah suatu hal yang manusia butuhkan untuk bertahan dan melanjutkan hidupnya.

Lalu, apa perbedaan keinginan dan kebutuhan? Anda bisa memahami konsep keinginan sebagai segala sesuatu yang berasal dari hasrat untuk memuaskan kepuasan pribadi. Artinya, apapun yang Anda harapkan dan inginkan sebagai seorang manusia termasuk keinginan.

Contoh Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Setelah mengetahui pengertian keduanya, apakah Anda bisa melihat perbedaannya?

Adapun contoh sederhana yang memudahkan Anda dalam membedakannya adalah dari fungsinya. Apakah Anda benar-benar membutuhkan hal itu dan apakah akan berpengaruh pada hidup jika tidak memilikinya?

Misalnya, Anda butuh makan untuk bertahan hidup. Tetapi, muncul ide untuk memilih menu makanan seperti steak, bakso, atau nasi goreng. Nah, ide-ide makanan yang muncul itulah yang disebut sebagai keinginan. Sedangkan kebutuhan Anda adalah makan.

Berikut adalah rangkuman poin penting yang membedakan antara keduanya:

  • Konsep ingin akan sering berangkat dari konsep butuh.
  • Kebutuhan harus terpenuhi, sedangkan keinginan bersifat tidak wajib.
  • Konsep ingin akan mengutamakan kepuasan, sedangkan konsep butuh akan mengutamakan kebermanfaatan.

Sudah Paham Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan?

Jadi, itulah penjelasan sekilas mengenai perbedaan kebutuhan dan keinginan. Dalam kesimpulannya, kebutuhan bersifat mengikat dan keinginan bersifat opsional.

Konsep kebutuhan dan keinginan ini harus Anda pahami dan terapkan ketika memilih asuransi jiwa murah. Sehingga, pastikan Anda memilih asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan, contohnya asuransi dari FWD Insurance.

FWD Insurance menyediakan beragam paket perlindungan yang pastinya menyesuaikan jenis kebutuhan Anda. Misalnya, asuransi jiwa dari FWD Insurance bisa membantu Anda dalam mengamankan uang pertanggungan Anda ketika sudah meninggal dunia nanti dan memberikannya kepada ahli waris sesuai syarat kebijakan polis asuransi jiwa.

Cermati produk-produk yang ada di website resmi FWD Insurance untuk menemukan paket yang paling Anda butuhkan saat ini. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *