Alasan Kenapa Harga Printer Berbeda-Beda

Reading Time: 2 minutes

Harga printer bisa sangat bervariasi, tergantung pada jenis printer yang Anda cari. Ada banyak faktor yang menentukan harga printer. Jenis printer yang paling umum adalah printer inkjet, laser dan foto-dan masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri.

Printer inkjet umumnya menggunakan kartrid tinta. Meskipun lebih murah daripada membeli toner baru untuk printer laser Anda, namun juga bisa berantakan, karena printer inkjet memiliki nozel yang mengeluarkan tinta ke halaman. Ini berarti Anda harus sering membersihkan printer dan mengisi ulang kartridnya, yang bisa merepotkan.

Printer laser lebih baik dalam mencetak dokumen berwarna daripada printer inkjet, karena printer ini menggunakan toner alih-alih tinta. Namun demikian, printer laser tidak mencetak foto dengan sangat baik dan harganya lebih mahal daripada inkjet dan printer foto.

Printer foto dapat mencetak foto yang indah, tetapi hanya dalam mode hitam-putih (atau grayscale). Printer foto paling baik untuk mencetak foto dari kamera digital atau kartu memori, karena tidak memerlukan perangkat lunak khusus untuk mencetaknya dengan benar-hanya pastikan kamera Anda memiliki opsi yang disebut “RAW”, jadi kamera Anda tidak mencoba memproses gambar sebelum mengirimkannya!

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah merek dan model printer. Misalnya, jika Anda mencari printer laser, Anda akan menemukan bahwa model yang lebih mahal cenderung menawarkan kecepatan dan kualitas cetak yang lebih baik daripada rekan-rekan mereka yang lebih murah. Namun demikian, sebagian printer didesain dengan fitur seperti konektivitas nirkabel atau pencetakan dupleks yang dapat meningkatkan biaya kepemilikan jika dibandingkan dengan model serupa dari produsen lain.

Faktor lain yang mempengaruhi tinggi dan rendahnya sebuah harga printer adalah tujuan penggunaannya. Jika Anda berencana menggunakan printer di rumah atau di lingkungan kantor kecil, maka kemungkinan model inkjet akan mencukupi kebutuhan Anda; namun jika Anda berencana menggunakannya di kantor besar atau pengaturan pabrik, maka printer laser mungkin diperlukan karena kemampuannya untuk menangani volume pekerjaan yang lebih besar sekaligus tanpa kehilangan kualitas dari waktu ke waktu (seperti yang terjadi pada inkjet).

Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika memilih di antara model yang berbeda adalah apakah mereka memerlukan pembelian terpisah seperti kartrid toner atau unit drum sebelum dapat digunakan;  suku cadang ini sering dijual terpisah karena mengandung berbagai jenis bahan yang tidak dapat digunakan kembali setelah habis (seperti kartrid toner kosong).

Jadi, seperti itulah penjelasan kenapa harga printer bisa bervariasi. Semoga artikel ini membantu Anda untuk menambah wawasan terkait mesin printer, mulai dari karena berbagai fungsi yang ditawarkan dan juga suku cadangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *